Sumpah Bikin Ngakak! Demokrat Bilang OTT Harus Uang Cash, Rp 500 Jt Bukang Duit? Gagal Paham!


Jakarta, Berita Metropolitan - Partai Demokrat mempertanyakan aksi operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kadernya, I Putu Sudiartana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyebabnya, KPK hanya memiliki bukti transfer sebagai untuk menetapkan Putu sebagai tersangka kasus suap.


Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta KPK menjelaskan terkait penangkapan ini. "Kami harap dalam 1-2 hari KPK bisa memberi penjelasan," katanya di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (29/6).

Pernyataan serupa juga disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik. Dia mengungkapkan, keganjilan dari penjelasan KPK terkait OTT yang dilakukan.

Karena, menurutnya, lazimnya dalam OTT yang menyerahkan uang dan menerima uang tertangkap secara langsung. "Kami tidak melihat kejadian yang dimaksud sebagai lazimnya OTT selama ini. Biasanya OTT itu clear," ujarnya.

Dia menyayangkan lemahnya pernyataan KPK yang bisa berimplikasi buruk terhadap KPK sendiri, karena publik akan mempertanyakan hal tersebut.

"Kami bahkan bisa menyebutkan, ini pernyataan yang paling lemah, mengenai OTT sepanjang KPK berdiri," tegasnya.

Motif Suap Baru

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan modus baru terkait dugaan transaksi suap dalam kasus pengamanan proyek pembangunan 12 ruas jalan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) senilai Rp300 miliar.

Jika biasanya uang suap diserahkan secara kontan, dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang menjerat anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat, I Putu Sudiartana, uang ini diberikan melalui transfer.

Modus yang berbeda tersebut terungkap saat KPK menemukan tiga bukti transfer untuk tiga rekening berbeda di rumah dinas Putu di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.

"Mengenai transfer memang modusnya agak berbeda. Biasanya dengan cash, kali ini diperintahkan transfer ke sejumlah rekening," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.[merdeka/sindonews]

Source link

0 Response to "Sumpah Bikin Ngakak! Demokrat Bilang OTT Harus Uang Cash, Rp 500 Jt Bukang Duit? Gagal Paham!"

Posting Komentar